Cara Membersihkan dan Membuat Kipas Angin AC Wangi


Kipas angin AC merupakan salah satu solusi yang sangat tepat untuk menyejukan ruangan yang terasa panas. Alat ini mempu menyerap udara panas yang ada pada ruangan dan memanfaatkannya untuk menguapkan air yang ada pada tangki sehingga menghasilkan udara sejuk.

Meskipun alat ini memiliki teknologi yang canggih, melakukan perawatan tetap harus dilakukan. Hal ini untuk menghindari kipas angin AC menimbulkan bau yang tidak sedap. Jika kipas angin AC tidak diberikan perawatan maka alat pendingin ruangan ini dapat mengeluarkan bau amis yang menyengat. 
Lalu Bagaimana Jika Terlanjur Bau Amis ?

Kipas Angin AC Wangi
Bagi Anda yang sedang mengalami masalah ini, Anda tenang saja. Jangan langsung menganggap bahwa kipas agin AC Anda rusak. Permasalahan ini dapat diatasi dengan melakukan perawatan pada bagian-bagian utama kipas angin AC, yaitu:

1. Media Pendingin Honeycomb
Buatlah terlebih dahulu larutan air cuka. Campurkan air dan cuka dengan perbandingan 50:50. Setelah selesai, maka bersihkan media pendingin honeycomb ini dengan cara mengucek dan membilasnya dengan air cuka. Jika semua  bagian telah terbilas air cuka, basuh honeycomb dengan air hingga bersih. Keringkan honeycomb dengan sempurna sebelum memasangkan kembali pada kipas angin AC anda. 

2. Tangki Penampung Air
Untuk membersihkan bagian tangki, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan kain lembut, busa dan air hangat. Selain dengan larutan cuka tadi, Anda juga dapat membersihkan tangki air dengan air sabun yang tidak terlalu keras (mild soapy water). Gosok sampai bersih setelah itu bilas dengan air.

Tips membuat Kipas Angin AC Wangi
Jika semuanya sudah dibersihkan, untuk membuat kipas angin AC wangi, Anda dapat menambahkan pewangi pada kipas angin AC. Untuk mendapatkan pewangi yang berkualitas untuk kipas angin AC, Anda bisa membeli produknya di platform Amazon. Pilihlah produk pewangi yang telah mendapatkan penilaian dan testimoni yang bagus.

Bagi Anda yang ingin membuatnya sendiri, Anda bisa meniru resep dari halaman myhomeclimate yaitu sebagai berikut:
  • Cuka
  • Tambahkan 10 tets purifiy Oil. Minyak ini dikenal dapat mengurangi bau apek dan membersihkan udara
  • Tambahkan 15 tetes citrus bliss
Tips Untuk Menjaga Agar Kipas Angin AC Tidak Mudah Bau Amis
Kipas angin AC menjadi bau dapat terjadi karena kesalahan yang tanpa kita sadari. Untuk itu, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar kipas angin AC tidak mudah bau:

1. Jangan memakai parfum yang memiliki kadar alkohol tinggi
Aktivitas ini pasti sering Anda lakukan. Minimalnya, Anda menyemprotkan sekali ketika akan keluar untuk bepergian. Namun, mulai sekarang Anda harus memperhatikan apakah parfum Anda memiliki kadar alkohol yang tinggi? Jika iya, maka jangan Anda gunakan di ruangan yang sama dengan kipas angin Ac.

Parfum yang memiliki kadar alkohol tinggi akan membuat pH air yang ada pada tangki kipas angin AC menjadi asam. Hal ini bila dibiarkan dapat memicu timbulnya bau amis pada kipas angin AC kita.

2. Jangan merokok di ruangan ketika menyalakan kipas angin AC
Selain merokok dapat mengganggu kesehatan, asap rokok juga dapat memberikan dampak buruk pada kipas angin AC Anda. Asap rokok yang ada pada ruangan akan tersedot oleh kipas angin AC. Kemudian, asap yang berasal dari rokok tersebut akan mengendap. Apabila kita biarkan, maka asap rokok tersebut akan mempengaruhi kualitas udara yang kipas angin AC hasilkan.

3. Rajinlah melakukan perawatan
Hal ini penting untuk Anda lakukan. Karena alasan utama dari munculnya bau amis adalah kipas angin AC Anda jarang dibersihkan. Lakukanlah perawatan secara rutin. Minimal sebulan 2 kali. Selain itu, ganti media pendingin honeycomb setiap 1 tahun sekali.

4. Jangan menggunakan kipas angin AC di ruangan tertutup
Kipas angin AC membutuhkan ruangan yang memiliki sirkulasi udara. Jika tidak ada sirkulasi udara maka ruangan yang menggunakan kipas angin AC akan semakin lembab. Hal ini dikarenakan kipas angin AC bekerja dengan menguapkan air. Air yang menguap tentu akan membuat sebuah ruangan menjadi semakin lembab.

Jika semakin lembab, kuman dan bakteri tentu akan cepat tumbuh. Hal inilah yang menyebabkan kenapa kipas angin AC Anda tercium bau amis.

5. Cek tangki air atau bagian dalam lainnya
Selalu cek pada bagian tangki atau bagian dalam kipas angin AC. Karena terkadang ada serangga yang ikut masuk kesana. Terjebak hingga mati dan menjadi bangkai akan membuat kipas angin AC Anda tercium bau amis.

Itulah cara membersihkan dan membuat kipas angin AC Anda tetap wangi. Semoga bermanfaat.

Cara Membersihkan dan Membuat Kipas Angin AC Wangi Cara Membersihkan dan Membuat Kipas Angin AC Wangi Reviewed by Admin on 2:25 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.